Informasi berita seputar Teknologi

Nmon - Alat untuk memonitor sumber daya sistem di Linux

No comments
Nmon (alat Monitoring untuk Linux) adalah utilitas yang sangat berguna untuk perintah yang dapat menampilkan informasi tentang berbagai sumber daya sistem seperti cpu, memori, disk, jaringan dll. Ini dikembangkan oleh IBM dan kemudian dirilis open source.

alat Ini tersedia untuk arsitektur yang paling umum seperti x86, ARM dan platform seperti linux, unix dll. Hal ini interaktif dan output terorganisir mirip dengan htop.

Menggunakan nmon dapat melihat kinerja sumber daya sistem yang berbeda pada satu layar. Halaman manual menjelaskan nmon sebagai :

NMON adalah adalah administrator sistem, tuner, alat benchmark. Hal ini dapat menampilkan CPU, memori, jaringan, disk (grafik mini atau angka), sistem file, NFS, proses, sumber daya (Versi Linux & prosesor) dan informasi daya mikro-partisi.

Cara install Nmon

Untuk distro Debian
$ sudo apt-get install nmon

Untuk distro Fedora
$ sudo yum install nmon

Monitoring CPU, Memory , Pemakaian jaringan

Menggunakan nmon tidak membutuhkan usaha sama sekali. Cukup ketik nmon dan tekan enter dan Anda akan disajikan dengan layar selamat datang yang mirip dengan yang ditunjukkan di bawah ini.


Nmon sepenuhnya interaktif, dan bagian bantuan pada layar selamat datang memberitahu Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya. Tekan C, M, N, D untuk menampilkan cpu, memori, jaringan, dll. Contohnya Menekan t akan menampilkan proses yang berjalan atas mesin.

Berikut adalah tampilannya ketika mengecek penggunaan CPU, penggunaan memori dan penggunaan jaringan.



Untuk menampilkan / menyembunyikan rincian dari setiap matrik tertentu, cukup tekan tombol yg terkait.

Gunakan tombol ini untuk beralih statistik on / off:
c = CPU
l = CPU Long-term
m = Memory
j = Filesystems
d = Disks
n = Network
r = Resource
N = NFS
k = kernel
t = Top-processes
h = more options
- = Faster screen updates
+ = Slower screen updates
V = Virtual Memory
v = Verbose hints
. = only busy disks/procs
q = Quit
Lihat rincian proses seperti top / htop

Untuk melihat rincian proses tekan tombol t. Jika tinggi layar jatuh pendek, maka Anda perlu untuk menyembunyikan bagian lainnya.



Gunakan tombol + dan - untuk mengontrol kecepatan update. Menekan + akan membuatnya memperbarui lambat.

Nmon bisa mengambil beberapa pilihan langsung dari opsi baris perintah saat mulai. Untuk mengatur waktu tunda pembaruan gunakan opsi s.

$ nmon -s 1

Pengaturan standar untuk menghemat waktu 

Untuk menghindari setiap layar selamat datang dan mendapatkan langsung ke statistik, setup variabel pada lingkungan yang disebut nmon sebagai berikut

$ export NMON=mndc
$ nmon
Nmon sekarang akan langsung ke layar statistik tanpa menghadirkan layar selamat datang. Jangan lupa untuk menambahkan perintah ekspor ke bashrc ~ /. Untuk tetap terus-menerus di reboot.

Kesimpulan

Ada beberapa pilihan yang mendukung nmon. Jalankan 'nmon-h' untuk mendapatkan tutorial lengkap. Pilihan r akan mencetak beberapa rincian yang berguna tentang instalasi linux dan cpu. 

Nmon berguna ketika Anda membutuhkan gambaran sumber daya sistem yang berbeda pada satu layar. Hal ini tidak dapat memberikan rincian mendalam mengenai sumber daya sistem. 

Selain menunjukkan data pada layar, nmon juga dapat menulis ke file spreadsheet untuk analisis nanti, dengan opsi f.

$ nmon -f

No comments :

Post a Comment